05 September 2016

Menghitung Audiens

Assalamu'alaikum
Sodara-sodara semuanya.......kali ini saya akan memelototi statistik pengunjung dari blog ini, apakah ada yang nakal atau baik-baik saja.....
Ternyata, dilalah kersane Gusti, sampai sekarang kok ya belum tembus 100.000 pengunjung......mudah-mudahan hari sudah bisa tembus 100.000 tersebut, karena pagi hari (5 September 2016, pukul 9:06 WITA) saya cek sudah mendekati nilai tersebut.
Gambar 1. Waktu ngecek

Jumlah yang tertampilkan adalah sejumlah 99.975 viewers seperti tampak pada gambar 2.

Gambar 2. Page Viewers
Kalau dilihat dari jumlah pengunjung kemarin sejumlah 392, maka tidak mustahil hari ini akan berhasil menembus jumlah pengunjungyang ke 100.000.
Tentunya saya berharap itu semua bisa bermanfaat bagi pembaca blog saya ini.  Walaupun kecil dan sederhana blog ini, namun besar harapan saya manfaatnya jauh lebih besar, terutama dalam sharing ilmu dan berbagi informasi.
Pengunjung menggunakan media pencarian untuk menemukan tulisan-tulisan yang terdapat dalam blog ini dengan statistik pencariannya seperti terlihat pada gambar 3.
Gambar 3. Search Keywords 
 Dari gambar 3 tersebut terlihat bahwa, pencarian paling banyak dengan menggunakan entry cara mencari titik potong. Mengapa demikian ? Setelah ditelusuri ternyata viewers pencari ini mempunyai rentang yang sangat besar, mulai dari anak SMP sampai dengan Mahasiswa. Jadi bisa dibayangkan bahwa key tersebut sangat banyak digunakan untuk mencari.
Bahkan sangat banyak yang meminta tolong untuk mengerjakan PR-nya (biasa anak-anak SMP/SMA) seperti terlihat pada gambar 4. 
Gambar 4. Contoh pertanyaan viewers

Ya, kalao masih ada waktu dan sempat balas, biasanya juga saya balas.  (Itu kalau ketahuan guruanya, pasti saya yang disalahin......tpi untungnya guru-guru belum ada yang protes).
Dari segi negara asal viewers, datangnya ternyata juga dari negara-negara lain yang belum pernah saya kunjungi (mungkin saja akun viewers menggunakan alamat luar negeri).  Walaupun saya juga percaya bahwa beberapa benar berasal dari luar negeri.  Jumlah viewers dilihat dari negara asal tersebut dapat dilihat pada gambar 5.
Gambar 5. Negara asal viewers

Walaupun dari segi kuantitas masih didominasi dari Indonesia, yaitu 76655 viewers.  (hla yang berasal dari luar negeri itu apakah juga bisa berbahasa Indonesia ???? ).  Tapi ya sudahlah, yang penting tulisan-tulisan saya bisa memberikan manfaat yang besar buat pembaca semuanya.
Dari segi Sistem Operasi yang digunakan, maka bisa dikatakan bahwa pengunjung modern ini sudah menggunakan sistem operasi mobile sebagai sarananya, seperti tampak pada gambar 6.
Gambar 6. Sistem Operasi yang digunakan
Terlihat bahwa paling banyak adalah menggunakan sistem operasi windows (51%), disusul Android (36%) dan seterusnya.  Ini menandakan bahwa sebaran sistem operasi yang digunakan sudah mulai banyak digunakan yang berbasis mobile seperti, Android, iPhone, BlackBerry, Ipad, Nokia, BB10 dll.  Bahwa ada yang masih menggunakan windows, akan tetapi windows yang sudah berbasis mobile. Perkiraan saya sedikit yang berbasis dekstop.
Dari segi url yang digunakan, paling banyak direfer adalah  google.co.id, disusul google.com seperti terlihat pada gambar 6.
Gambar 7. Refers URL
Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses searching dengan googleadalah yang paling banyak terutama yang berasal dari google.co.id.
Dari segi referensi sitenya, paling banyak dipakai adalah www.google.co.id  seperti terlihat pada gambar 7.
Gambar 7. Refering Sites
Terlihat dari gambar 7 bahwa google.co.id masih menjadi primadona site untuk menjangkau blog ini.  Hampir sama dengan referensi URL pada gambar 6.

Alhamdulillah tepat pukul 1:00 WITA, genaplah sudah 100.000 pengunjung blog ini seperti terlihat pada gambar 8.
Gambar 8. Pengunjung 100.000
Tentunya besar harapan saya, isi blog ini bisa mengispirasi, memberikan manfaat yang besar buat pembaca sekalian.

Demikian terima kasih.



No comments:

Post a Comment