03 March 2014

Finite State Automata (FSA) - Materi 3 - Teori Bahasa dan Otomata

Hai guys,  kuliah serasa hampa bila tidak ada TBO.  Rasanya juga mustahil komputer bisa mengerti bahasa kita apabila tidak ada compiler-nya.
Gambar 1. Contoh DFA
Tidaklah berlebihan dan malahan kurang, bila kita sebagai mahasiswa Teknik Informatika tidak mengenal cara kerja compiler.  Untuk itu perlu dikenal pengenalan bahasa-bahasa yang dikenal oleh komputer. Tentunya bahasa yang biasa dipakai untuk berkomunikasi komputer dengan manusia.
Pada kali ini, saya sertakan materi kuliah Teori Bahasa dan Otomata untuk pertemuan yang ke 3.  Isi dari materi ini adalah membahas tentang Finite State Automata (FSA).  FSA terbagi 2 yaitu : Deterministic Finite Automata (DFA) dan Nondeterministic Finite State Automata (NFA).  Dijelaskan pula lebih detail tentang Diagram State, Tabel Transisi dan contoh kasus.


Tentunya kalau hanya ini saja pasti banyak kurangnya dan perlu diketahui, materi ini hanya suplemen saja sedangkan yang lebih esensial adalah membaca lebih banyak dari referensi-referensi yang lain darimanapun sumbernya.
Berikut link materi ke 3 :

Materi 3 - Teori Bahasa dan Otomata

Demikian guys, semoga anda senang dan bermimpi indah tentang Finite State Automata.
Thanks.

No comments:

Post a Comment