22 April 2014

Transformator - Materi 7 - Fisika Listrik dan Magnet

TRANSFORMATOR

Transformator adalah peralatan elektronik yang sangat penting untuk mendukung segala aktifitas kelistrikan.  Sebagai kunci untuk bisa menjelajahi kegunaan elektronika dan persinggungannya.

Transformator/ Transformer / Trafo adalah suatu peralatan listrik yang termasuk dalam klasifikasi mesin listrik statis dan berfungsi untuk menyalurkan tenaga / daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya, dengan frekuensi sama.

“Apabila ada arus listrik bolak-balik yang mengalir mengelilingi suatu inti besi maka inti besi itu akan berubah menjadi magnet dan apabila magnet tersebut dikelilingi oleh suatu belitan maka pada kedua ujung belitan tersebut akan terjadi beda tegangan mengelilingi magnet, sehingga akan timbul Gaya Gerak Listrik (GGL)”.
Gambar 1. Transformator
  • Transformator terdiri atas dua buah kumparan (primer dan sekunder) yang bersifat induktif. 
  • Kedua kumparan ini terpisah secara elektris namun berhubungan secara magnetis melalui jalur yang memiliki reluktansi (reluctance) rendah. 
  • Gambar 2. Transformator Tegangan Tinggi
  • Apabila kumparan primer dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik maka fluks bolak-balik akan muncul di dalam inti yang dilaminasi, karena kumparan tersebut membentuk jaringan tertutup maka mengalirlah arus primer. Akibat adanya fluks di kumparan primer maka di kumparan primer terjadi induksi (self induction) dan terjadi pula induksi di kumparan sekunder karena pengaruh induksi dari kumparan primer atau disebut sebagai induksi bersama (mutual induction) yang menyebabkan timbulnya fluks magnet di kumparan sekunder, maka mengalirlah arus sekunder jika rangkaian sekunder di bebani, sehingga energi listrik dapat ditransfer keseluruhan (secara magnetisasi)
Terdapat 2 macam transformator pada umumnya, yaitu :

  1. Transformator tegangan tinggi dan 
  2. Transformator tegangan rendah. 

Dari mode penggunaannya dibedakan menjadi 2 juga, yaitu :

  1. Transformator Step Up (menaikkan tegangan dari tegangan kecil ke tegangan yang lebih besar)
  2. Transformator Step Down. (menurunkan tegangan dari tegangan yang lebih besar ke tegangan yang lebih kecil)

Tetapi apapun kelistrikan pasti akan menggunakan jasa transformator ini.
Gambar 3. Transformator 
Untuk mendapatkan gambaran secara lebih detail tentang Tranformator ini, saya sertakan link yang bisa didownload materinya.


Thank's a lot.




No comments:

Post a Comment