09 June 2014

Donor Darah

Pagi itu, seperti telah disepakati oleh semua pihak, maka akan diadakan kegiatan sosial Donor Darah.
Kita tahu bahwa donor darah merupakan kegiatan mulia untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Tidak semua orang bisa mempunyai kesempatan untuk mendonorkan darahnya. Jadi bersyukurlah bila diantara kita ada yang bisa melakukan donor darah.

Manfaat donor darah banyak sekali untuk diri kita sendiri, antara lain :
Gambar 1. Persentase cairan tubuh
http://www.airkangen.com/wp-content/uploads/2012/10/Tubuh-manusia-75-persen-cairan.png
Gambar 2. Cairan Tubuh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqXC7z9wKzpYHzIJy53l7LHRnFexDMAsA8Mx9sEsgRRbPh_ShXq4OeXOMmVGiuQy9Fn7LqkbEiv6odzLOg9VgsuTa2FWzflOxa6J04lims5MtzvqW6NsbXzS235ZSSAuzkz06t1Z_V6ZU/s400/kadarairdlmorgan.jpg

  • Untuk kesehatan. Badan kita ini terdiri dari cairan, daging, tulang dan lain sebagainya dengan porsi cairan lebih besar, yaitu sekitar 70% seperti terlihat pada Gambar 1. Gambar 2, Gambar 3 dan Gambar 4.

Gambar 3. Persentase cairan tubuh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiC9x22hgM7zNz4LEar5M5Sk37514reosi1RaneDDaig1HkIpl5SS2Rped6tMUGo5uFu8gLJlp98KcJjAbu3KZffNVymW0o2Ca_k3txZX8sEoQz4HJCrGP-TxiMMnrPSo_KefSOpq3S-5NG/s1600/air-dan-prosentasenya1.jpg

Gambar 4. Cairan Tubuh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4Ea2siqG5shyphenhyphen8EKKZo58OQdo-TJ7t7sFLwOuaUhyphenhyphenV2WE3ABsNlecjsI_i-uG1OIeHxNO-ukzU6expaZ-pco9TrCbmvPIv19Q_sROK8rlnQCtTOcPuKvaZtJVzY8-n1Mg9HvdPOhqNUFw/s1600/Untitled2.png

  • Apabila darah kita dikeluarkan secara periodik tentunya akan ada pergantian darah secara periodik pula, karena pasti sumsum tulang belakang akan memproduksi sel darah merah secara otomatis.  Hal ini tentunya akan membuat proses periodisasi darah menjadi lebih baik.  (kalo darah kita selama hidup ini hanya ada di dalam tubuh tanpa ada regenerasi, pasti keliatan item ndak segar......kex klo bli ikan di laut tuh, lihat insangnya)
  • Membuat diri kita menjadi lebih segar dan bersemangat.
Tetapi ada syarat yang harus dipenuhi, antara lain :
  • Berat badan minimum dipenuhi (kira2 > 45 kg)
  • Tidur malam yang cukup (klo begadang akan menyebabkan HB turun)
  • Tentunya tidak mempunyai penyakit menular
  • Tekanan darah normal
  • dll.
Nah pagi itu STIKOM Artha Buana menyelenggarakan donor darah dengan bekerja sama dengan PMI Kodya Kupang.
Sebagai wahana belajar bersosial, maka wajar bila masih ada kekurangan, tentunya karena :
  • Banyak yang belum pernah donor darah (baru akan donor saat ini,  ciri-cirinya muka pucat, kurang makan, kurang tidur .........kekekkekekekekkekkkeekkek).
  • Terus banyak yang pingsan setelah melihat jarumnya............(padahal ada jarum yang lebih besar dan tidak takut.....xixixiixixixiixixi)
  • Terus ada yang pura-pura mau pingsang, agar diperhatikan sama perawatnya, dikasih minum "Ponari Sweat", minum teh, dipijit dllllll......(modussssss........................)
  • dll.
Nah silahkan simak wajah-wajah tanpa dosa ini.


No comments:

Post a Comment