07 May 2014

Generator Set - Materi 8 - Fisika Listrik dan Magnet

GENERATOR SET



Genset atau kepanjangannya adalah Generator Set adalah mesin pembangkit listrik.  Mesin ini terdiri atas 2 bagian, yaitu bagian altenator atau generator dan engine.
Gambar 1. Genset 1
Altenator atau generator adalah bagian yang membangkitkan listrik, bagian itu terdiri atas kumparan kabel tembaga yang dililitkan pada besi yang akan menghasilkan induksi magnetik.
Engine berfungsi untuk memutar altenator atau generator.  Jadi engine ini adalah mesin yang berfungsi untuk memutar altenator pembangkit listriknya.
Kalau dalam pembangkit listrik tenaga air (PLTA), maka engine-nya adalah air yang mengalir yang dipakai untuk memutar kincir atau turbin.
Teringat waktu saya pertama kali datang di Kupang tahun 2000, dimana listrik sering padam dan kalau akan kuliah harus memutar genset dulu.  
Tetapi itu dulu, sekarang sudah berubah dan tidak lagi harus memutar genset kalau akan memulai kuliah.  Tetapi perlu siap-siap kalau listrik mati.
Gambar 2. Genset model engkol
Genset pada Gambar 2, merupakan genset engkol pake "slenger".......Genset itulah yang menjadi pengalaman saya waktu dulu.
Untuk menambah wawasan para pembaca, saya juga sertakan pembahasan lebih lanjut tentang Genset pada file presentasi yang telah saya upload sebelumnya.



Untuk mengakses file tersebut, saya rangkai pada link berikut :

Presentasi 1. Generator Set
Presentasi 2. Generator Set

Demikian dan terima kasih.

2 comments: