04 March 2015

Kesabaran Untuk Berbagi

Pembaca yang budiman, apalah arti semua tulisan saya kalau saja tidak ada yang bersedia membaca atau paling tidak terpaksa membaca. Karena banyak sedikitnya pembaca menyatakan bahwa tulisan kita itu bermanfaat atau tidak. (yo pasti ada manpaatnya to yo, mosok ngga ada, kan jadinya hanya nulis doang........)
Belum banyak yang saya tulis, akan tetapi itu merupakan bukti bahwa saya masih mempunyai sedikit kepedulian atas tulisan-tulisan saya.  Bukan berarti bahwa tulisan ini akan mempunyai banyak arti, akan tetapi paling tidak ada sumbang sih yang bisa dipelajari bersama-sama.
Alhamdulillah, semenjak aktif menjadi blogger (kekekekkekekk.....koyok aktipis 1998 aja, yang suka demo dan ngeyelan.......tapi bukan demo masak lo ya ......) tahun 2009 yang lalu, terhitung sudah hampir mencapai 40.000 pembaca blog saya ini.  Artinya bahwa masih ada manfaat yang diperoleh dari tulisan-tulisan ini. Wallahu a'lam bisshowab.
Tentunya saya berharap, banyak manfaat yang bisa ditularkan kepada para pembaca sekalian.
Menilik dari atensi-nya, maka matematika menjadi sasaran utama, khususnya persamaan garis. Karena pada tulisan saya tentang persamaan garis menduduki peringkat 1 banyaknya pengakses.  Lebih membanggakan lagi, ada proses komunikasi antara penulis dengan pembaca, dimana sebagian minta penjelasan lebih dalam mengenai bahasa tertentu.  "Walaupun terkadang disini aku merasa sedih" eh......ngga gitu, walau kadang juga ada yang minta dikerjakan soal PR-nya.  Kayaknya anak-anak seusia SMP atau SMA yang mendapatkan pekerjaan rumah dari gurunya.  Hla iyo, kok aku dianggap koyok pacare, kon  nggawekno jawaban PR-e, kan lugu.....eh lucu, orang bukan siapa-siapanya dia.......Tapi aku enjoy aja lagi, dan seneng juga sih.....kex orang penting aja .........
Selain ada beberapa apresiasi, tetapi juga ada yang kurang senang.  Bahkan ada yang memberikan catatan dan caci maki. Itulah makanya diperlukan kesabaran.  Innallaha ma'ashshobirin. dan kesabaran itu tidak ada batasnya.  Allah SWT lah penolong dan pemberi petunjuk yang baik.  Karena berbagi itu adalah untuk meringankan beban pada diri masing-masing.
Intinya saya mengucapkan syukur Alhamdulillahirrobbil'alamin, karena ternyata saya masih bisa bermanfaat bagi orang lain. Khairunnas anfa'uhum linnas

28 February 2015

Contoh Soal Hukum Coulomb

Buat mahasiswa STIKOM Artha Buana, ini ada oleh-oleh, kumpulan dan bahasan soal-soal Hukum
Dominggus waktu di Jakarte
Coulomb.
Tapi ingat didownload dan dibaca, jangan hanya didownload dan ditnggal pergi. Klo model gitu kapan bisa pinter. (biar cepet pinter minum tolak angin..........jangan minum pil koplo).

Ini materinya.

Soal dan Bahasan Hukum Coulomb.


Modul Fisika Listrik dan Magnet

Bagi adik-adik mahasiswa STIKOM Artha Buana, sudah selayaknya kalau saya memberikan catatan pegangan untuk adik-adik. (tapi awas jangan pegang yang lainnya ya .......karena klo pegangan kabel listrik ambulan masih jauh, klo pegangan saya, saya lagi ngga ada.......)

Ini ada modul kecil bercerita tentang Hukum Coulomb, Hukum Kirchof, Kondensator, Transformator, Magnet, dan lain-lain.

Ini modulnya silahkan di download.


  1. Modul Fisika Listrik dan Magnet PDF
  2. Modul Fisika Listrik dan Magnet Word


Akhirnya, dengan kerendahan hati, saya mohon maap klo klo ada kurang dan salah karena orang tua pasti banyak keliru dan salahnya.

Eh....tapi kalo ada yang bawa gorengan ko masuk memang..........xixiixixixixixii

19 January 2015

Garis Tegak Lurus Pada Titik Potong 2 Persamaan Lain

Bila diinginkan dicari sebuah titik yang tegak lurus (persamaan)  dari 2 persamaan, maka penyelesaiannya berurutan :
  1. Dicari cari lebih dahulu titik potong 2 persamaannya,
  2. Dicari Gradien dari titik potong tersebut dengan persamaan yang tegak lurus dari titik potong tersebut.
  3. Dicari titik yang tegak lurus tersebut (yang tidak lain adalah titik yang juga berpotongan pada titik potong sebelumnya).

Misalkan :

Diketahui persamaan garis 2x + 5y = 1 dan x - 3y = -5, carilah titik potongnya !  Titik Potong tersebut tegak lurus pd garis dengan persamaan 2x - y + 5 = 0

Maka cara penyelesaiannya adalah :
1.      Menggunakan metode eliminasi untuk mencari nilai x dan y (titik potong) pada persamaan 1 & 2
2x + 5y = 1
X - 3y = -5
Dengan eliminasi maka, persamaan 1 dikalikan dengan 1 dan persamaan 2 dikalikan dengan 2 (agar jumlah x sama), menjadi :
2x + 5y = 1      |*1|
  x – 3y = -5     |*2| 
-------------------------   -

2x + 5y = 1
2x – 6y = -10     
-----------------   -
       11y = 11
           y = 1

Subtitusikan nilai y=1 kedalam salah satu persamaan, misalnya 2x + 5y = 1
2x + 5y = 1
2x + 5(1) = 1
2x + 5 = 1
2x = 1 – 5
2x = -4
x = -4/2
x = -2
Sehingga titik potong kedua persamaan tersebut adalah di titik (-2,1)

2.      Mencari nilai gradien / m pada persamaan ke-3
2x – y + 5 = 0
-y = -2x – 5
y = 2x + 5
m = 2


3.      Membuat persamaan berdasarkan nilai x, y, dan m yang telah ditemukan tadi
y - y1 = m (x – x1)
y – 1 = 2 (x – (-2))
y – 1 = 2x + 4
y = 2x + 4 + 1

y = 2x + 5 adalah persamaan garis yang didapat, dimana garis ini tegak lurus pada kedua garis sebelumnya.

Hasil pembuktiannya dapat dilihat pada Gambar berikut :


12 December 2014

Soal dan Jawaban UAS Teknik Kompilasi Kelas B

Soal Teknik Kompilasi Untuk Kelas C

1.       Diketahui persamaan :

       C:= (A*2+B)2-C/(D*E3)

Buatlah persamaan tersebut kedalam bentuk :
a. Triples Notation
b. Indirect Triples
c. Quaduples Notation
d. Kode Antara Assembly Accumulator Tunggal

2.      Diketahui grammar G = {I ® H½I H½IA,  H ® a½b½c½...½z,  A ® 0½1½2½...½9} dengan I adalah simbol awal
Lakukan analisa sintaks dengan cara derivasi dan parsing untuk kalimat d67s, sehingga kalimat tersebut terselesaikan.

Jawaban :
1.        C:= (A*2+B)2-C/(D*E3)          
a.    Triple Notation


b.      Indirect triple




1.
*,
A,
2


List Instruksi


List Eksekusi
2.
+,
1,
B


1.
*,
A,
2


1.
1
3.
*,
2,
2


2.
+,
1,
B


2.
2
4.
*,
E,
E


3.
*,
2,
2


3.
3
5.
*,
4,
E


4.
*,
E,
E


4.
4
6.
*,
D,
5


5.
*,
4,
E


5.
5
7.
/,
C,
6


6.
*,
D,
5


6.
6
8.
-,
3,
7


7.
/,
C,
6


7.
7
9.
:=,
Z,
8


8.
-,
3,
7


8.
8






9.
:=,
Z,
8


9.
9


c.     Quadruple Notation


d.      Assembly Accumulator Tunggal
1.
*,
A,
2,
T1

1.
LDA
A



2.
+,
T1,
B,
T2


MUL
2



3.
*,
T2,
T2,
T3


STO
T1



4.
*,
E,
E,
T4







5.
*,
T4,
E,
T5

2.
LDA
T1



6.
*,
D,
T5,
T6


ADD
B



7.
/,
C,
T6,
T7


STO
T2



8.
-,
T3,
T7,
C













3.
LDA
T2










MUL
T2










STO
T3





















4.
LDA
E










MUL
E










STO
T4





















5.
LDA
T4










MUL
E










STO
T5





















6.
LDA
D










MUL
T5










STO
T6





















7.
LDA
C










DIV
T6










STO
T7





















8.
LDA
T3










SUB
T7










STO
C
















Jawaban 2.
I           èIA
èIAH
èIAAH
èHAAH
èdAAH
èd6AH
èd67H
èd67s