16 June 2015

Ramadhan 1437 H / 2016 M


بسم الله الرحمن الرحيم
اسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته


Ramadhan, 
Bulan dimana nafas kita menjadi tasbih,
Tidur kita menjadi ibadah,
Amal kita diterima dan do’a kita di ijabah.

Sebelum cahaya mentari padam, 
sebelum ajal mendatang,
Sebelum pintu taubat tertutup, 
sebelum Ramadhan menjelang,
Saya mohon maaf lahir dan batin… tersembunyi atau yang terang.
Marhaban Ya Ramadhan

Ada kerinduan yang membekas
Ketika sayup hening ramadhan menyeruak diantara hembusan angin
Sungguh tergetar hati ini menyambutnya
Ya Allah, kuatkanlah hambamu untuk menyusuri nikmat ramadhan
Menuju cita-cita yang engkau janjikan, لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

Bulan puasa adalah bulan yang diwajibkan kita sebagai orang mukmin untuk berpuasa, seperti dalil yang diturunkan oleh Allah SWT dalam Al-qur'an Surat Al-Baqarah 183.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ ١٨٣ 
183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Jelas bahwa, perintah ini hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُو, artinya bahwa dalam menjalankan syariat Islam, kita diwajibkan untuk mengikuti Rukun Islam yang 5 (lima) itu dan salah satunya adalah الشهادتين
Lafalnya adalah ا شهدأن لا إله إلااللهواشهدأن محمدرسولالله, suatu kesaksian ke-tauhidan kepada Allah SWT azza wajalla dan kerosulan Muhammad SAW.  Sehingga apabila kita tidak meng-imani syahadatain ini, maka tidak wajiblah bagi kita untuk berpuasa.

Ramadhan adalah bulan suci, bulan penuh berkah, bulan penuh rahmat dan bulan penuh ampunan bagi kita manusia mukmin yang menjalankannya.  Sungguh beruntung TYME Allah SWT menurunkan bulan ini kepada kita kaum muslimin wal muslimat. 
Bahkan karena keistimewaannya, maka didalamnya juga terdapat malam yang sama dengan 1000 bulan. Maksudnya adalah bila kita bisa menemukan malam itu, maka segala amal baik kita akan dilipatgandakan sampai dengan sama beribadah/amal baik selama 1000 bulan. Malam itu adalah لَيْلَةِ الْقَدْرِ. Diharapkan pada malam tersebut kita umat muslim untuk memanjatkan doa sebanyak-banyaknya اللهم انك عفو تحب العفوفا عف عني dan bukan hanya itu saja, semua doa baik yang bisa dipanjatkan kepada Allah SWT.
Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan kepada kita untuk dapat merasakan nikmatnya puasa ramadhan.
Pada akhirnya ampunan Allah SWT dapat kita terima sehingga kita bisa mendapatkan predikat لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

  تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّ وَ مِنْكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمُ  




No comments:

Post a Comment